Senin, 07 Januari 2013

“ Catatan Penghujung Tahun 2012 ”


Pada hari itu hujan turun membasahi, dengan derasnya mehantam hamparan tanah gersang kota banda aceh, munking hujan ini untuk terakhir kali turun di bulan ini bahkan tahun ini, di penghujung tahun 2012 sebagai ungkapan selamat tinggal masa lalu, usai sudah, berbagai lika liku yang pernah dilalui akan menjadi kenangan dalam catatan sejarah hidup ini.

Catatan ini bukan untuk mengulang masa lalu dimasa yang akan datang, akan tetapi sebagai ajang evaluasi dari dalam menjalani hidup agar lebih beramakna dan bermaafaat tentunya. Dalam catatan ini akan saya uraikan menjadi tiga bagian rentang waktu yang telah dilalui, awal tahun, pertengahan, dan pada akhir tahun.

Pada awal tahun, disamping menjalani aktivitas sebagai mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi dikota banda aceh, sempat juga mengikuti kursus menulis di Muharram Journalis College ( MJC ),  selama enam bulan aku belajar disana, walau tidak mendapatkan ilmu yang memadai namun disisi pengalaman akan bertambah tentunya.

Aku mengikuti proses belajar disini sampai selesai dan pada akhirnya aku dimagangkan di Aceh Corner.co salah satu media oulain yang menyajikan berita diseputar aceh, disinilah detik – detik istimewa bagai mana merasakan indahnya menjadi wartawan, walau hanya sebulan, sebenarnya ini bukanlah misi utama yang harus kujalani selama berada dikuta raja, kenapa juga mengikuti kursus tersebut, bukankah kuliah itu lebih utama diselesaikan lebih dulu, pasti kawan – kawan bertanya demikian untuk menghilangkan rasa penasaran.

Manyangkut dengan persoalan ini ada tiga hal yang dapat saya pertanggung jawabkan,  pertama ingin menambah ilmu pengetahuan dibidang jurnalistik, yang kedua,  pada semester  tersebut tidak ada jadwal kuliah yang harus ku ikuti, adanya, pada semester depan, otomatis aku harus menunggu semester depan untuk mengulangi salah satu matakuliah yang belum lewat, yang ketiga, untuk mengisi waktu kosong selama satu semester, dengan menyisihkan sedikit uang beasiswa dari kampus, kemudian mengikuti kursus ini sampai selesai.

Pada permulaan tahun 2012, aku juga berhadapan dengan  hubungan asmara.. caileee……! Begitulah kira – kira “ hubungan asmara berhujung kecewa ”  pasalnya dia yang ku sayang keburu dilamar orang, mungkin ini persolan jodoh saja kaliya…! Benarsaja kata orang kerena cita tidak seharusnya memiliki.

Awal juni kembali melanjutkan kuliah, mengulang beberapa mata kuliah  yang tinggal pada semester lalu, bulan – bulan berikutnya jadwal kegiatan semakin padat selain menjalani kuliah harus berbagai waktu dengan aktivitas baru yaitu bergabung dengan sekolah antikorupsi aceh, disini banyak belajar mengenai anggaran advokasi, pada awal juli kemudian bergabung dengan Tim Pecapp program analisis anggaran yang dimotori fakultas ekonomi unsyiah.

Dengan serba keterbatasan pada tahun 2012 ini, meski pandai – pandai membagi waktu antara kerja dan belajar, sebelum melangkah ke tahun 2013 ada satu hal yang masih sangat mengecewakan, penundaan dibidang akademik, penundaan terhadap percapaian gelar sarjana, meski ada kecewa dan penyesalan namun masih ada hal yang patut kami banggakan, dengan berbagai sokongan dan dorongan dari kawan – kawan.

Bertepatan dengan tanggal 18 desember 2012 bersama dengan beberapa teman – teman, kami berhasil membangun wadah himpunan mahasiswa islam di kampus unida tercinta, walau organisasi ini masih berstatus persiapan, namun prestasi ini patut dibanggakan karena ini lahir dari hasil kerja keras dan komitmen kawan – kawan UNIDA dan KOMBES Himpunan Mahasiswa Islam BANDA ACEH,

Inilah Catatan akhir tahun, yang masih jauh dari kesempurnaan, masih banyak kekurangan dimana sini, namun ini hanya sebagai batu pijakan untuk melangkah ke tahun 2013.
Banda Aceh 2012 - 12 -31

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda