Senin, 26 November 2012

“ Palatihan Advokasi Untuk Cso Aceh”




 Kegiatan yang dilaksanakan oleh Masyarakat Transparansi Aceh ( MATA ) sebagai konsekwensi untuk mendorong peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah di aceh menjadi penting, kita menyadari Aktivitas advokasi dalam konteks keuangan daerah di aceh masih bersifat kasuistik dan persial selaintu advokasi yang di lakukan tampa kerja sama yang baik antar pemangku kepentingan yang ada dan tidak memiliki dukungan jaringan yang kuat tentu pada akhirnya  tidak menghasilan perubahan yang berarti.

Hal ini guna mendorong peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah di aceh diharapkan dengan adanya advokasi yang sistematis berbasis data dan informasi yang kuat, maka upaya upaya ini akan mewujutkan perbaikan tata kelola keuangan daerah di aceh yang lebih baik.

Aceh telah di anugrahi status otonomi khusus dengan segala kekhususan yang melekat didalamnya, disamping keleluasan memiliki lambang dan bendera khusus, aceh memiliki sumber daya keuangan yang cukup besar untuk dua puluh tahun sejak tahun 2008. sekitar Rp 650 T dana akan di terima oleh aceh hingga tahun 2027 nanti suatu besaran dan yang sangat besar bagi aceh yang hanya berpenduduk 4,5 juta jiwa untuk mengejar berbagai ketinggalan.

Lima tahun sudah kita menikmati dana otsus ini berbagai kemajuan tentunya telah kita rasakan, meski demikian masih terdapat ruang yang cukup besar bagi kita untuk terus melakukan perbaikan. Dewan perwakilan rakyat, CSO. University dan media untuk ikut berpartisiapasi dalam memperbaiki kualitas perencanaan dan pembangunan, beberap analisis menunujuikkan bahwa pembangunan yang administrasi keuangan daerah mesih menemui berbagai tantangan, sasaran pembangunan masih kurang tepat dan berbagai isu lainya dalam pengangaran dan perencanaan.

Dengan strategi yang teratur dan terarah ( mini road map ) dalam penyampaian pesan advokasi yang efektif dalam hal belanja publik berdasarkan hasil analisis analisis yang mendalam terhadap data yang valid dan kondisi riil di lapangan maka dalam jangka panjang, tentunya kita yakin keseluruhan serangkaian kegiatan ini akan turut memberi dukungan dan warna dalam usaha – usaha peningkatan kualitas perencanaan pembangunan evaluasi penggunaan dan publik.

Alokasi keuangan yang tidak tepat dan efektiv pehamburan disana – sini akibat salah perencanaan  seharusnya tidak lagi terjadi, orang boleh bilang itu hal biasa, namun bagi kita itu merupakan kejahatan yang luar biasa. Perbaikan alokasi dan efektivitas anggaran otsus harus terjadi.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda