Jumat, 21 Desember 2012

“ Korupsi Politik ”




Apa itu korupsi politik….?

Korupsi Politik adalah perilaku koruptif yang dilakukan untuk mengapai atau mempertahankan kekuasaan, didalamnya ada upaya untuk melakukan manipulasi akses dan pengelolaan sumber daya publik.


Maka yang membedakan antara korupsi biasa dengan Korupsi Politik ialah, Korupsi Politik dilakukan dilakukan dengan motivasi untuk memperoleh jabatan publik atau mempertahankan basic politik.


Money Politik masuk dalam katagori korupsi politik yang didalamnya juga ada vote bunying dan manipulasi suara, dan juga memperdangangkan kebijakanm konsensi, lisensi, dan sebagainya.


Korupsi Politik bisa ada pada fase elektoral dan non elektoral, itu bisa saja satu siklus yang berturutan, terus menerus tujuanya dua hal kekuasaan dan akumulasi kapital, pelakunya bisa saja penjabat publik atau non penjabar publik yang hendak mengapai jabatan publik.


Persaingan kekuasaan, uang dan korupsi merupakan komponen yang saling mengait dan mengukuhkan,  ketika uang dan kuasa bersekutu dalam pemilu, pada saat itulah “ Korupsi Politik” menjadi biang persoalan bangsa.


Kuasa uang bukanlah merupakan berhala, yang tak terkalahkan, kekuatan masyarakat mestinya bersekutu dengan kekuatan politik, untuk melawan semua itu, bentuk persekutuan itulah yang menurut Luky Djuniardi Djani, hal ini penting untuk menaikkan kembali pangsa makna Demokrasi Bangsa Indonesia.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda